Ahlan wa Sahlan ....ya Akhi ...ya Ukhti ......

" Fastabikhul Khoirots "

Berlomba2 dalam Kebaikan ....
Menyuguhkan " Good Influence "

Sabtu, 19 April 2008

Karomah 4

Karomah 4


Ibnu Mubarok al Marfa’ani berkata :

“ Diantara orang non arab yg belajar pada sang Syech, ada seorang yg bernama Aba,
orang ini sangat lambat dalam menerima pelajaran “

Suatu hari ketika sang Syech sedang mengajarinya datanglah Ibnu Samhal,
setelah selesai mengajari Aba, Ibnu Samhal berkata kepada sang Syech :

“ Aku kagum dgn kesabaran anda mengajari nya “
sang Syech menjawab :

“ Kesusahan ku mengajarinya hanya tersisa kurang dari 2 minggu,
setelah itu dia akan pergi menghadap Alloh ‘

Kami terkejut mendengar berita ini & mulai menghitung hari demi hari.

Di hari terakhir di minggu tsb ..
Aba meninggal dunia.

Ibnu Samhal sendiri hadir ketika mayatnya di sholatkan, dan beliau menyatakan kekaguman nya kepada sang Syech yang telah mengetahui kematian tsb sebelum hal itu terjadi .



Syech Muhammad bin Koit al Awani, meriwayatkan :

Pada suatu hari beliau bertanya kpd sang Syech : “ Apa yg membuatmu mencapai derajat ini ? “
beliau menjawab :

“ KEJUJURAN, tidak satu kalipun aku berbohong, bahkan ketika aku masih menuntut ilmu “
lalu sang Syech melanjutkan :

Ketika tiba hari Arofah saat aku kecil, aku menggembalakan sapi di pinggiran kota Baghdad,
dan tiba2 sapi tsb menolehkan kepalanya kepadaku & berkata :
Abdul Qodir ...bukan untuk ini engkau diciptakan.

Masih dalam terkejut aku berlari pulang & naik ke atas atap,
disana aku melihat orang2 sedang melaksanakan wukuf di Arofah .

Aku turun & berkata kepada Ibuku :

“ Ibu ...serahkan diriku kpd Alloh &
Izinkan aku pergi ke Baghdad untuk menuntut ilmu “

Ketika beliau menanyakan apa yg menyebabkan aku mengajukan permintaan tsb,
akupun menceritakan kisah diatas & beliau menangis .

Kemudian beliau mengambil uang 80 dinar peninggalan ayahku & memberikannya kepadaku .

Aku tinggalkan 40 dinar untuk adikku & ibu menjahitkan uang tsb di balik bajuku .

Beliau memintaku untuk berjanji akan selalu jujur dalam kondisi apapun &
aku menyanggupi hal tsb.

Ketika akan melepas aku pergi, beliau berkata kepadaku :

“ Pergilah ...aku serahkan engkau kpd Alloh,
wajah ini tidak akan kulihat lagi ............. sampai hari kiamat “







Demikian cuplikan dari salah satu buku mengenai kelebihan2 yg Alloh tampakkan kepada mahluk2 Nya ( Karomah ) .

Judul : Syaikh Abdul Qodir Al – Jailani
Mahkota Para Aulia – Kemuliaan hamba yg di tampakkan Nya .

Oleh : Syaikh Muhammad bin Yahya at Tadafi .
Penerbit : Prenada Media ( 340 Halaman )

Satu seri lanjutan ( dari cuplikan buku tsb ) diambil saat PE ( Pengajian Email ) berada di awal2 tausiyahnya ....right after this .


Wassalam
Echost

Tidak ada komentar: